3 Jenis Kue Khas Banjar yang Wajib Anda Cicipi saat di Banjarmasin

kue khas banjar

Pinoy Halo – Jika Anda mengunjungi Bnajarmasin, maka cukup banyak jenis kudapan berupa kue khas Banjar maupun jajanan lainnya yang wajib dicicipi. Jika Anda menginginkan kue terpopuler khas Banjar, langsung saja simak 3 jenisnya yang bisa dijadikan referensi.

kue khas banjar

1. Amparan Tatak Pisang

Kue ini sangat mirip dengan nagasari, baik bahan maupun rasanya. Amparan tatak pisang dibuat dari tepung beras dan santan. Sedangkan untuk bahan isiannya, buah yang digunakan adalah pisang atau bisa juga diganti dengan nangka. Sebagai pelengkap sekaligus penambah aroma, biasanya adonan diberi daun pandan.

Sensasi manis dan gurih akan langsung terasa di mulut saat mengunyahnya. Perbedaannya dengan nagasari hanya dari bentuknya. Jika nagasari dicetak persegi dalam daun pisang, maka amparan tatak pisang dicetak dalam ukuran besar, baru kemudian dipotong persegi atau segitiga saat akan dikonsumsi.

2. Bingka

Sensasi lumer dan lembut di mulut bisa Anda langsung rasakan begitu kue kedua khas Banjar ini meluncur ke mulut Anda. Oleh karena teksturnya yang sedikit berlemak, maka Anda juga bisa menjadikannya sebagai pengganjal perut.

Bingka dibuat dari tepung terigu, telur, santan, garam, serta gula pasir. Sedangkan untuk memasaknya dilakukan dengan cara dipanggang. Tidak heran jika bagian bawahnya memiliki warna lebih gelap seperti halnya yang Anda dapati pada kue serabi.

3. Kelepon Martapura

Kue ketiga ini tentu sudah sangat familiar, baik untuk masyarakat Banjar sendiri maupun masyarakat Jawa. Cocok disajikan sebagai camilan bersama kopi atau teh hangat di sore hari. Nama Martapura yang menyertainya memnag berasal dari Kota Martapura di Kalsel.

Teksturnya empuk dan lembut serta terasa sangat gurih dengan lumuran kelapa parutnya. Selain itu, dengan gula merah yang dijadikan isian, tidak heran jika kue ini memiliki rasa ‘pacah di ilat’ yang artinya, pecah di mulut

Ketiga kue khas Banjar tersabut biasa disajikan saat bulan puasa, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adah, hingga acara pernikahan. Selain itu, kue lainnya yang wajib Anda coba di Banjar adalah kue sarimuka dan brownies labu yang kini sedang populer.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *