4 Tips Mudah Untuk Menemukan Sapi Qurban yang Baik dan Benar

sapi qurban

Pinoy Halo – Tidak terasa umat Islam diseluruh dunia akan bertemu kembali pada Hari Raya Idul Adha, sebagai umat muslim tentunya Anda sudah mempersiapkan untuk kurban yang telah dipersiapkan pada jauh-jauh hari. Di Indonesia sendiri ada beberapa pilihan untuk itu, mulai dari sapi qurban, kambing, atau domba.

Untuk menemukannya pun tidak begitu sulit, karena ada banyak pedagang yang memberikan penawaran terkait kebutuhan kurban tersebut. Dengan banyaknya penjual terkait hewan kurban, maka Anda perlu memperhatikan dan tidak sembarangan dalam memilihnya. Berikut ini kami ada beberapa tips untuk mendapatkan hewan kurban yang baik dan benar.

Mencari Hewan Kurban

sapi qurban

1. Jenis Hewan

Hal pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan dan memilih jenis hewan yang diperuntukkan untuk kurban. Tentunya Anda harus mencari hewan ternak yang dianjurkan untuk dijadikan kurban, misal sapi, unta, kambing, domba, atau kerbau. Semua hewan yang disebutkan tersebut bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Dalam tahap ini semua hewan yang dikhususkan untuk kurban tersebut wajib dari hewan ternak yang sehat dan layak untuk kebutuhan kurban. Dengan demikian Anda harus benar-benar memperhatikannya dan apabila memungkinkan untuk mencari pedagang yang mempunyai sertifikat resmi dari MUI untuk mendapatkan hewan yang tepat.

2. Usia Hewan

Untuk mendapatkan hewan yang baik dan benar sebagai kebutuhan kurban, maka Anda bisa memperhatikannya dengan usia dari hewan tersebut. Jika Anda ingin untuk kurban sapi atau kerbau, usia yang ditentukan itu sudah memasuki umur 22 bulan. Sedangkan, untuk Anda yang ingin kurban kambing atau domba usia minimal 12 sampai 18 bulan.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui usia pada hewan tersebut Anda bisa melihat dari mengecek dan melihat gigi pada hewan tersebut. Apabila sudah masuk atau sesuai untuk disembelih sebagai kurban, biasanya giginya sudah tanggal atau berganti, biasanya ditemukan pada dua gigi susu yang terletak pada bagian depannya.

Bahkan, untuk lebih memahaminya biasanya gigi nya lebih berwarna gelap yang menjadi tanda kalau hewan tersebut sudah dewasa untuk disembelih.

3. Tidak Cacat

Langkah berikutnya untuk memilih hewan kurban yang baik itu bisa melihat kondisi fisiknya dan tidak mempunyai kecacatan. Karena apabila Anda menyembelih hewan kurban yang cacat, maka proses untuk kurban tidak sah dan tidak dianjurkan. Pada tahap ini Anda harus benar memperhatikannya dan tidak sembarangan menentukannya.

Kondisinya harus bebas dari buta, pincang, sangat kurus, dan sakit. Tentunya harus mencari dan memilih hewan kurban yang kondisi prima. Prosesnya untuk kurban tidak sah, sehingga daging yang disembelih nanti hanya daging konsumsi biasa saja dan bukan untuk tujuan ibadah kurban yang disesuaikan ketentuan agama.

4. Tempat Bersih dan Terpercaya

Hindari membeli hewan ternak untuk kurban dari tempat yang berdekatan dengan tempat sampah, karena daging yang dihasilkan tersebut akan mengandung beberapa bahan yang sangat berbahaya dan tidak sehat bagi tubuh. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih hewan kurban dari tempat yang bersih dan jauh dari polusi udara.

Tidak hanya itu saja, Anda harus memilih tempat yang sudah terpercaya yang mempunyai surat izin edar khusus kurban dan kondisi kesehatan yang rutin dipantu oleh dinas setempat. Dengan demikian hewan kurban yang Anda inginkan dapat menjadi ibadah terbaik kepada sang pencipta.

Nah, itulah beberapa tips untuk mencari sapi qurban, kambing, domba atau hewan ternak lainnya yang ditentukan sebagai syarat kurban. Untuk Anda yang ingin kurban agar lebih praktis bisa langsung pesan melalui Blibli.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *