Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y30?

Vivo Y30

Pinoy Halo – Ponsel merk Vivo terkenal mempunyai keunggulan pada sector kamera. Belum lama ini, Vivo meluncurkan Y30. Vivo Y30 yang merupakan smartphone kelas menengah ini dibanderol 2 jutaan saja. Namun, harganya yang terjangkau tak mengurungkan niat Vivo untuk membekalinya dengan segudang fitur yang mumpuni. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Vivo Y30

Kelebihan Vivo Y30

Y30 dari Vivo memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah baterai tahan seharian. Dengan kapasitas baterai 5000 mAh, ponsel ini bisa bertahan seharian untuk aktifitas normal. Bahkan, baterainya tetap awet meski digunakan untuk aktifitas berat seperti main game, streaming, dll.

Selain itu, layarnya yang sudah HD+ dengan ukuran besar juga menambah kenyamanan dalam menggunakannya. Perlu diketahui, ponsel ini hadir dengan layer panel IPS LCD sebesar 6,47 inci. Ditambah lagi desain Ultra-O Screen membuatnya tambah keren.

Kemudian, kemampuan AI Quad Camera yang mumpuni juga termasuk salah satu kelebihannya. Kamera utama 13MB ditambah lensa 8MP untuk sensor ultra dan 2 lensa 2MP untuk sensor makro & kedalaman sungguh mumpuni.

Kelebihan lain adalah pada RAM & memori internal. RAM 4GB dikombinasikan dengan memori internal 128GB lebih dari cukup untuk menginstal berbagai aplikasi berat dan menyimpan banyak file besar. Memori ini masih bisa ditambah dengan microSDXC.

Lalu, desain bodinya yang memukai juga membuat banyak orang menyukainya. Ada 2 varian warna yaitu Emerald Black & Moonstone White. Varian hitam memiliki ‘permainan cahaya’ pada bodinya yang seolah dipancarkan dari kamera. Varian warna putih menghadirkan efek gelombang cahaya jika dilihat dari sudut padang berbeda.

Vivo Y30 juga memiliki kelebihan lain yaitu pada fiturnya. Smartphone ini dibekali dengan fitur 3.5mm Jack Audio. Ada juga port USB tipe-C yang sangat berguna untuk speaker, mic, transfer data, dan mengecas.

Kekurangan Vivo Y30

Meski sangat rekomended, setiap ponsel punya kekurangan termasuk Y30. Salah satu kekurangan dari ponsel ini adalah performa chipsetnya yang terasa kurang karena masih menggunakan MediaTek Helio P35. Umumnya, smartphone kelas menengah sudah menggunakan Snapdragon 665. Namun, bukan berarti ponsel ini tidak cocok untuk aktifitas berat seperti main game, streaming, dll.

Sangat disayangkan, smartphone yang banyak diganderungi ini belum menghadirkan fitur Fast Charging. Namun, baterainya yang tahan lama cukup membuat pengguna tenang. Pasalnya, ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang bisa bertahan seharian untuk penggunaan normal.

Ada lagi yang cukup disayangkan dari ponsel ini adalah tidak dihadirkan dengan Gorilla Glass. Padahal, pelindung ini sangat penting untuk menjaga layer HP tetap mulus. Sebagian besar smartphone di kelasnya sudah menghadirkan pelindung Gorilla Glass. Namun, kalian tak perlu khawatir karena kalian bisa membeli tempered glass untuk melindungi layer HP. Bahkan, tempered glass juga menghadirkan perlindungan yang lebih bagus.

Satu lagi kekurangan dari Y30 yaitu tidak menggunakan layar OLED. Padahal, layar ini sudah ada pada para pesaing dari Y30. Pasalnya, LCD IPS yang dihadirkan Y30 masih mengeluarkan cahaya pada warna hitam. Jadi, layarnya tak bisa menimbulkan kontras warna yang sebaik layar OLED.

Dengan harga 2,7 jutaan, bisa dibilang Vivo Y30 bukan yang terbaik di kelasnya, tapi tetap memuaskan para penggunanya. Jika kalian tertarik, hal ini sangat wajar karena banyak kelebihan yang ditawarkan seperti baterai yang tahan seharian, layar besar HD+, AI Quad Camera yang mumpuni, RAM & ROM besar, desain memukau, dan dilengkapi 3,5mm jack audio.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *