Fakta Darah Menstruasi Yang Hitam Yang Wajib Kamu Ketahui

darah menstruasi hitam

Pinoy Halo – Ketika anda sedang menstruasi maka pada umumnya darah yang keluar adalah darah warna merah. Akan tetapi bagaimana apabila darah yang keluar berwarna hitam? Apakah berbahaya? Berikut akan kami sampaikan apakah darah menstruasi yang berwarna hitam itu berbahaya ataukah tidak. Apakah anda harus segera memeriksakan ke dokter atau tidak untuk mengecek kesehatan organ reproduksi anda. Ketika menstruasi memang biasanya darah yang keluar berwarna merah akan tetapi apabila darah yang keluar berwarna hitam anda jangan langsung khawatir. Darah menstruasi hitam ini dapat juga di katakan sebagai hal yang normal sepanjang siklus dari mens, warna dan konsistensi darah dapat berubah – ubah.

Darah haid dapat cair dan sedikit akan tetapi juga dapat mengental dan keluar dengan deras. Darah haid juga dapat berwarna merah terang, coklat atau berwarna gelap bahkan hitam.Darah menstruasi yang hitam ini merupakan darah yang tersisa dari menstruasi pada bulan sebelumnya. Dengan keluarnya darah haid berwarna hitam itu berarti tubuh sedang berusaha membersihkan diri.

darah menstruasi hitam

Kapan anda harus khawatir?

Perubahan akan warna darah menstruasi hitam merupakan hal yang normal akan tetapi ada beberapa masalah yang mungkin menyebabkan perubahan dari warna darah tersebut seperti keguguran, infeksi, penyakit radang panggul, aliran darah haid dari Rahim ke vagina yang terhalang ataupun manepouse.

Ketika anda menstruasi biasanya tidak menimbulkan banyak permasalahan akan tetapi anda wajib memeriksakan ke dokter apabila menstruasi anda tidak teratur atau anda sering menjumpai darah yang keluar di luar waktu haid. Anda juga harus waspada apabila selama haid anda merasa pusing, kelelahan ketika menjalankan aktivitas normal, demam, kulit yang terlihat pucat dan sakit pada bagian vagina ataupun perut.

Secara umum darah menstruasi hitam merupakan hal yang wajar terjadi. Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila terjadi perubahan pada warna darah haid anda. Akan tetapi apabila terjadi perubahan warna darah disertai dengan gejala lain anda harus segera memeriksakannya ke dokter agar anda mendapatkan jawaban dari perubahan tersebut.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *