Mau Tidur Berkualitas? Coba Gunakan Minyak Atsiri Berikut

ac pk besar terbaik

Pinoy Halo – Sebuah penelitian menemukan bahwa suhu udara kamar adalah faktor terpenting untuk meningkatkan kualitas tidur (Healthline). Adapun temperatur ideal kamar menjelang jam tidur adalah sekitar 17-19°C. Artinya, Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dengan menghidupkan AC PK besar terbaik milik Anda sebelum terlelap di malam hari. Selain suhu udara yang tepat, tidur berkualitas juga bisa Anda peroleh dengan menggunakan minyak atsiri (essential oils) atau minyak esensial di kamar. Namun apakah semua minyak esensial dapat membantu meningkatkan kualitas tidur? Tentu saja tidak semua.

Setidaknya ada 6 minyak esensial yang bagus untuk meningkatkan kualitas tidur, berikut ini daftrnya:

ac pk besar terbaik

1. Minyak esensial lavender.

Tumbuhan berwarna ungu kebiruan ini mungkin tak lagi asing di telinga Anda. Pasalnya, tanaman ini sudah lama dikenal sebagai tumbuhan yang memancarkan efek relaksasi. Manfaat ini datang dari sifatnya yang dapat memperlambat detak jantung dan relaksasi otot sehingga membuat tidur lebih nyenyak hingga keesokan harinya.

2. Minyak esensial kamomil / chamomile.

Tanaman endemik benua Eropa ini mungkin akan sulit Anda temukan di Indonesia. Namun, ketahuilah jika kamomil telah lama dipakai untuk pengobatan untuk mengurangi kecemasan dan mengatasi depresi. Tak ayal, minyak atsiri atau ekstrak tumbuhan ini bisa membantu Anda tidur lebih lelap, dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

3. Minyak esensial melati.

Bunga melati punya manfaat baik untuk mengatasi insomnia atau kesulitan tidur. Hal ini didukung oleh mekanisme molekuler yang serupa dengan resep obat-obat tertentu yang dapat membantu seseorang untuk tidur. Sehingga, Anda dapat menggunakan minyak esensial melati untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

4. Minyak esensial peppermint.

Tanaman peppermint punya manfaat baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah membantu membersihkan saluran udara (pernapasan), mengurangi gejala mendengkur, serta apnea (gangguan henti napas saat tidur). Hilangnya gangguan-gangguan tidur seperti ini tentu dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

5. Minyak esensial kayu cendana.

Selain kamomil, pohon dengan aroma khusus ini pun memiliki efek penenang untuk orang yang menghirupnya. Sehingga, ia dapat mengurangi tingkat kecemasan dan stres yang mungkin sedang Anda hadapi. Kayu cendana juga dapat membantu Anda cepat terlelap tidur. Alhasil, kualitas tidur Anda dapat meningkat.

6. Minyak esensial jeruk bergamot.

Biarpun termasuk dalam kelompok buah jeruk, bergamot tidak punya efek menyegarkan melainkan menenangkan. Untuk itu, wangi minyak esensial jeruk bergamot dapat Anda gunakan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Bentuk penenangan jeruk bergamot adalah penurunan detak jantung dan tekanan darah sebelum tidur.

Itu dia beberapa macam wangi minyak atsiri / esensial yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas tidur. Walau demikian, jangan abaikan instruksi pemakaian yang dicantumkan produsen minyak atsiri / esensial, ya. Pasalnya, masing-masing tumbuhan di atas punya sifat transdermal yang berbeda-beda. Baca anjuran pemakaian dengan benar sebelum menggunakannya ketika hendak tidur, ya.Semoga bermanfaat!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *