Mengenal Anggur Merah, Miras atau Supplemen?

anggur merah

Pinoy Halo – Siapa yang tidak mengenal anggur merah atau sering kali disebut dengan amer ini memang populer sekali dikalangan anak muda sekarang. Amer sendiri memang masuk ke dalam kategori minuman keras yang masuk dalam golongan B atau mengandung kadar alcohol sebesar 14,7% dan untuk yang gold memiliki kandungan alcohol sekitar 19,7%. Tapi, tahukah Anda bahwa Amer awalnya dikenal sebagai supplemen atau jamu? Ikuti terus pembahasa singkatnya berikut ini.

anggur merah

Sejarah Singkat Anggur Merah

Minuman yang sering disebut dengan Amer ini merupakan minuman yang dibuat dari anggur hitam yang difermentasikan dengan gula. Kalau diluar negeri, Amer sendiri sering dikenal dengan nama Red Wine dan sering menjadi minuman pendamping atau pun dimasukan ke dalam masakan seperti steak.

Tapi, menurut sejarah minuman yang terbuat dari fermentasi anggur ini sudah ada dari semenjak ribuan tahun lalu. Bahkan minuman berbahan dasar anggur ini juga dikenal dengan minuman mewah dengan harga fantastis. Walaupun red wine adalah yang paling dikenal, tapi masih ada varian wine lain seperti white wine, rose wine ataupun sparkling wine.

Indonesia sendiri mempunyai pabrik amer local dengan merk Orang Tua. Brand yang satu ini cukup dikenal dan mudah sekali untuk ditemukan. Berdiri semenjak tahun 1948, pada mulanya amer sendiri diproduksi sebagai salah satu minuman herbal. Sudah lebih dari 70 tahun lebih brand ini berdiri, namun kualitas tetap terjaga dengan menggunakan resep warisan.

Ya, siapa yang menyangka bahwa amer adalah salah satu minuman herbal yang sudah sejak dulu. Minuman ini sendiri tercipta ketika produk herbal sedang trend pada tahun tersebut. Pada dasarnya minuman ini membantu untuk menghangatkan tubuh dan membantu meningkatkan stamina agar tidak mudah sakit.

Hal ini terbukti dari adanya depot jamu yang menjual amer sebagai salah satu obatnya. Tapi, nyatanya masyarakat tidak banyak yang mengetahui hal ini. Hingga saat ini sendiri, masyarakat mengenal amer sebagai salah satu minuman untuk mabuk-mabukan. Memang, pada kenyataannya brand amer ini masuk dalam kategori minuman keras yang sudah terdaftar di BPOM.

Takaran seharusnya dari amer ini adalah diminum 1 sendok makan sehari sekali. Sangat tidak disarankan meminum amer lebih dari jumlah yang disarankan. Karena dapat menyebabkan Anda merasa mabuk dan tentu saja menyebabkan penyakit.

Jadi, pada dasarnya red wine atau amer brand Orang Tua ini adalah minuman herbal yang diperuntukan untuk kesehatan. Meminum secara berlebihan sudah pasti tidak akan memberikan manfaat yang seharusnya.

Harga dan Varian Anggur Merah

Untuk brand Orang Tua, ada beberapa variant yang dijual di pasaran. Harganya tentu saja lebih murah dari pada jenis red wine dari brand international. Berikut ini adalah varian dan harga dari amer dengan brand Orang Tua:

1. Variant original

Variant pertama adalah amer original dengan kandungan alcohol sebesar 14,7%. Ada dua ukuran yang dijual dipasaran, yaitu ukuran 275 ml dengan harga sekitar 34 ribuan rupiah dan juga ukuran 620 ml dengan harga sekitar 57 ribuan rupiah. Untuk varian yang satu ini sendiri memiliki penggemar yang cukup banyak karena memang memiliki kadar alcohol yang tidak terlalu tinggi dan rasanya tidak begitu pahit.

2. Variant gold

Variant yang kedua adalah amer Gold yang memiliki kandungan alcoholnya adalah 19,7%. Sama dengan yang original, untuk varian Gold juga dipasarkan dalam dua ukuran. Ukuran 275 ml dengan harga sekitar 42 ribuan rupiah dan ukuran 620 ml dengan harga jual sekitar 62 ribu rupiah. Untuk yang Gold memang sedikit lebih mahal karena kadar alcohol yang lebih tinggi.

Selain brand Orang Tua, ada juga beberapa brand lokal yang memproduksi anggur merah. Hanya saja Orang Tua adalah brand terlama yang ada di Indonesia.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *