Mengenal Asuransi Disabilitas dan Jenisnya

produk asuransi disabilitas

Pinoy Halo – Produk Asuransi disabilitas merupakan salah satu produk asuransi yang memberikan perlindungan pada nasabah asuransi berupa penggantian penghasilan yang hilang akibat sakit, cacat, cedera, dan kecelakaan yang membuat nasabahnya kehilangan pendapatan. Biasanya, produk asuransi satu ini menawarkan pembayaran premi berupa santunan yang dibayarkan secara harian (cash plan) pada perusahaan asuransi.

Sebagai contoh, Anda harus mendapat perawatan di rumah sakit selama seminggu dan diproteksi asuransi disabilitas. Maka, jika mengambil cash plan sebesar Rp. 1.500.000 perhari, pihak asuransi akan memberikan penggantian dana sekitar Rp. 10.500.000 untuk seminggu perawatan. Dengan demikian, Anda tentunya tidak akan kesulitan untuk mencari dana untuk biaya pengobatan ataupun digunakan untuk keperluan lainnya.

Terdapat beberapa jenis asuransi yang sebaiknya dimiliki, di antaranya:

produk asuransi disabilitas

1. Asuransi Disabilitas Individual

Asuransi satu ini biasanya diperuntukkan untuk karyawan maupun pekerja yang tidak mendapatkan asuransi kecelakaan kerja dari perusahaan. Atau, mereka yang memiliki usaha sendiri tapi ingin mendapatkan perlindungan dari asuransi disabilitas. Biasanya, premi harian yang dibayarkan pada asuransi jenis ini memang terbilang tinggi namun dengan perlindungan yang maksimal, tentunya.

2. Asuransi Disabilitas Biaya Overhead Bisnis

Asuransi jenis ini lebih diutamakan untuk mereka yang menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Di mana, asuransi satu ini akan memberikan ganti rugi dari overhead jika pemiliknya mengalami disabilitas ketika menjalankan bisnis tersebut. Biasanya, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi untuk biaya akunting, biaya maintenance, biaya leasing, pembayaran sewa atau gadai, gaji pegawai, pajak properti, biaya bulanan, dan lain sebagainya.

3. Asuransi Disabilitas Limit Tinggi

Asuransi tipe ini didesain untuk menjaga manfaat yang akan diperoleh penyandang disabilitas dengan jumlah penggantian penghasilan adalah sekitar 65% dari pendapatan yang diperolehnya. Biasanya, asuransi jenis ini memberikan penggantian penghasilan berkisar sekitar 2.000 dollar – 100.000 dollar per bulan. Asuransi satu ini tentunya bisa dijadikan sebagai sebagai tambahan atau rider dari asuransi standar.

4. Asuransi Disabilitas Pengusaha

Asuransi ini umumnya disediakan oleh perusahaan untuk melindungi karyawannya dari risiko atau kecelakaan kerja. Yang mana, akibat dari kejadian kecelakaan kerja tersebut karyawan mengalami cacat dan tidak mampu lagi menjalankan tugasnya sebagai pekerja dan kehilangan pendapatannya. Dengan memberikan asuransi jenis ini, maka karyawan Anda tentunya akan merasa aman selama bekerja dan tidak akan was-was.

5. Asuransi Disabilitas Sosial Nasional

Di beberapa negara maju, asuransi disabilitas sosial nasional disediakan oleh pemerintah untuk rakyatnya. Sebut saja, negara Amerika Serikat menyediakan Social Security (SS) dengan mencakup Supplemental Security Income (SSI) dan Social Security Disability Insurance (SSDI), serta Inggris menyediakan National Insurance. Dengan dibuatnya asuransi jenis ini maka dapat membantu mencegah masyarakat dari kemiskinan.

Itu dia penjelasan singkat terkait asuransi disabilitas dan jenis-jenis yang dimilikinya. Yuk, gunakan khususnya untuk Anda yang memiliki tingkat risiko kecelakaan kerja tinggi.

Semoga bermanfaat!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *